Wednesday, December 28, 2016

8

TUTORIAL Memulai Cerita Baru di Wattpad plus Tips untuk Novel Pertama-mu!

Catatan: tutorial ini mungkin saja tidak akurat untuk kedepannya dikarenakan Wattpad selalu meng-update aplikasi dan websitenya dengan rutin jadi mohon maaf sebelumnya apabila berikutnya tak lagi sesuai dengan yang disediakan oleh Wattpad.

***



Sekarang ini kalau lagi jalan-jalan ke Gramedia, pasti sering dong liat novel-novel terbitan baru dengan embel-embel "SUDAH DIBACA 10 JUTA KALI DI WATTPAD" dan lain sebagainya.

Apa sih Wattpad ini? 

Wattpad adalah sebuah website yang diperuntukkan untuk para penulis untuk saling berbagi karya-karya terbaik milik mereka.

Admin sendiri sih udah join Wattpad sejak 2013, tapi sekarang masih stay and calm jadi pembaca doang.

Wattpad ini penuh dengan fitur-fitur yang luar biasa interaktif. Dalam update terbaru kamu sudah bisa naruh gambar/gif dalam tulisan kamu. Video? Boleh aja. Selain itu disini kita bisa membaca and mengomentari tiap karya yang disuguhkan oleh penulis.

Ingin menulis? Jangan takut. Wattpad ini sarana yang paling gampang buat kamu untuk menyalurkan bakat menulis yang kamu punya. Siapa tahu ada penerbit yang berminat untuk menerbitkan karya kamu, siapa tahu?

Kali ini admin bakal jelasin gimana caranya untuk memulai cerita baru di Wattpad beserta tips-tips yang Insya Allah bermanfaat.



Yuk, let's start!


1. Daftar akun di Wattpad


Gampang kok. Nggak susah-susah. Tinggal masukkan email yang aktif dan password. Selesai!


2. Klik "Create" yang tertera di bagian kiri atas window website Wattpad



Untuk memulai cerita baru, klik "Create". Dari sini Wattpad akan membawa pengguna ke halaman selanjutnya.


3. Pilih "New Story" untuk memulai cerita baru




Kalau kalian sudah punya cerita yang pernah ditulis sebelumnya di Wattpad, entah itu masih dalam bentuk draft atau udah di-published, tampilannya bakalan mirip seperti gambar diatas.
Ingin memulai cerita baru? Mudah saja. Tinggal pilih "New Story".


4. Tentukan judul yang sudah disiapkan dan deskripsi yang simpel namun ampuh. Sertakan pula sampul yang menarik!





Sudah segini tinggal diisi berdasarkan apa yang tertera.

Tips:


  • Sebelum menerbitkan buku di Wattpad, alangkah baiknya kita sudah tahu dengan jelas seperti apa judul dan plot utama. Jangan sampai udah sejauh ini tapi malah bingung judul bukunya apa? :D
  • Sertakan deskripsi yang singkat, simpel tapi menarik. Sebagai pembaca di Wattpad, jujur aku agak meh dengan penulis yang menyertakan deskripsi yang terlalu panjang. Apalagi beberapa malah nggak segan-segan untuk mencantumkan bagian penting dark cerita mereka ke dalam deskripsi. Nah, gimana itu? Less is more. Cukup cantumkan excerpt dari buku kamu yang bikin readers itu "ggrrrr" nggak tahan pengen baca.
  • Mengenai cover atau sampul buku, aturan yang sama juga berlaku. Simpel dan menarik. Nggak usah numpahin segala warna dalam sampul cerita kamu. Aku pribadi lebih tertarik sama yang simpel-simpel aja.  Cover yang menarik itu berguna banget untuk menarik perhatian pembaca baru. Contoh cover yang simpel:

             




5. Tentukan kategori, tambahkan tag, dll





Dalam kategori, pilihlah kategori yang tepat dengan cerita kamu. Ini penting karena para pembaca biasanya akan men-search buku untuk dibaca berdasarkan kategori. Entah itu Teen Fiction, Werewolf, Fanfiction, Romance, Action, Mystery/Thriller, Horror, dll. Jangan sampai kamu bikin cerita romansa anak SMA, eh malah milih Horror sebagai kategorinya.

Tags juga berguna banget supaya orang lain bisa menemukan cerita kamu. Cantumkan tag yang sesuai dan trending supaya karya kamu jadi visible ke orang banyak. Contoh: teen, sma, badboy, dan lain-lain.

Kalau ceritamu bukan cerita dewasa (mengandung adegan dewasa/obat-obatan/kekerasan), nggak perlu pusing untuk mengubah rating "mature" menjadi on. Biarkan saja seadanya.


6. Menulis bab pertama




Digambar diatas, aku udah naruh keterangan-keterangan yang penting untuk diketahui ketika kamu menulis bab pertama.

Dalam update terbaru Wattpad, tim mereka akhirnya menambah fitur yang memperbolehkan penulis untuk menyelipkan gambar/gif dan video ke dalam karya mereka.





Dari gambar selanjutnya kamu dapat melihat hal-hal lain yang kurang lebih masuk dalam kategori optional (terserah ingin dilakukan atau tidak).

Kamu bisa menentukan siapa saja yang bisa membaca cerita kamu, entah itu public atau bukan. Selain itu kamu boleh mendedikasikan bab tertentu buat user yang lain, tinggal kamu isi saja username mereka nanti.


Dan yang lebih keren lagi, kamu bisa nambah casting/peran untuk karakter-karakter dalam buku kamu. Artis boleh, diri sendiri juga boleh.





Begitulah kurang lebih cara plus beberapa tips singkat dalam memulai cerita pertama kamu di Wattpad.


Kurang lebihnya mohon maaf.

Kalau masih ada pertanyaan atau masih ada yang belum jelas, monggo silahkan ditanya.



See you!




8 comments:

  1. kalo ceritanya uda di post bisa di sunting ato di hapus ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.

      Lebih gampangnya sih download aplikasinya aja. Nggak terlalu ribet.

      Delete
  2. Masi kaga paham.?! Mau nanya, apa org yg nulis di wattpad itu seorang ahli penulis (karya penulis asli) atau hanya penulis biasa(org biasa yg iseng nulis cerita)? gw bukan penulis(ga hobi jga) dan ga bgtu suka nulis,tpi ad rasa kepingin gtu, ap bole klo ad "suatu cerita" gw turahkn/tulis diwattpad? Tpi gw bukn seorang penulis?! Maaf, sblumny klo pertanyaan gw panjang lebar dan mungkin agak aneh. Gw sndri masi bingung lom paham :)..apa bisa dipahami pertanyaan gw ini? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa saja boleh menulis di Wattpad. Nggak ada tuh kelengkapan2 yg harus dipenuhi buat ingin gabung di komunitas Wattpad. Platform Wattpad intinya untuk saling berbagi ide. Penulis atau bukan, boleh. :)

      Cukup punya email kamu bisa kok publish cerita kamu sendiri!

      Delete
  3. Hai kak, promosi cerita pertamaku boleh? Dengan id fella_lie makasihh:)

    ReplyDelete
  4. Kak,aku mau tanya,cara ngetag nya gimana aku salah mulu kalo nulis tag,selalu ada tulisan"panjang tulisan harus 2 sampai 28 karakter" padahal aku ngetag cuma begini "#fangirl"," #hijabers","#BTS" tapi tetap gak bisa 😖

    ReplyDelete
  5. Ini bisa bikin cover? Jujur aja, memang lebih suka cover yang simple

    ReplyDelete
  6. Halo mau tanya, kenapa ya udah selesai bikin cerita n cover, tp pas di klik ceritanya, covernya ga muncul alias blank doank item gitu, pdhl pas bagian edit dia muncul. Kenapa ya

    ReplyDelete